Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang

Wisata Pantai Balekambang Malang

Wisata Pantai Balekambang Malang merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kota Malang. Lokasi wisata ini cocok sebagai tempat piknik keluarga dikala libur tiba atau weekend. Selain sebagai tempat wisata pantai, lokasi ini juga terkenal dengan wisata religinya.

Lokasi:
Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Rute dan Akses:
Pantai Balekambang bila dari pusat kota Malang, berjarak kira-kira sejauh 60 kilometer ke arah selatan. Akses menuju pantai ini sudah cukup memadai. Jalannya telah diaspal mulus walaupun begitu wisatawan harus tetap berhati-hati karena terdapat beberapa tanjakan dan kelokan yang tajam. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan deretan pepohonan menghijau yang membuat udara menjadi sangat sejuk dan segar.

Daya Tarik:
Pantai Balekambang memiliki hamparan pasir yang cukup luas dengan yang memiliki karakter berwarna putih dan bersih. Air lautnya yang berwarna biru jernih membuat pemandangan pantai ini sangat eksotis apalagi disepanjang pantai ditumbuhi tanaman-tanaman yang membuat rindang dan sejuk.

Terdapat beberapa pulau dikawasan pantai ini yang dihubungkan oleh jembatan, yang diatasnya dibangun pura sebagai tempat ibadah. Pura di pulau ini sering dikunjungi wisatawan sebagai lokasi untuk berphoto-photo, termasuk diatas jembatan penghubung yang dibuat sedemikian rupa dan berwarna apik.

Sebagai tempat wisata religi
Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membuka Pantai Balekambang. Setiap tanggal 1 Sya’ban, para peziarah berdatangan ke makam yang berada di tepi Kali Berek, jaraknya hanya sekitar 1 km sebelum masuk Pantai Balekambang dari arah Bantur. Asal usul Syaikh Abdul Jalil dikabarkan berasal dari Jogjakarta. Beliau adalah seorang keluarga ningrat yang memiliki ilmu agama cukup tinggi, karena itu pengaruhnya di masyarakat begitu kuat. Syaikh Abdul Jalil termasuk yang tidak mau kompromi kepada penjajah Belanda, karenanya Belanda menjadikannya sebagai orang yang harus disingkirkan.

Bagi umat Hindu menjadikan pantai Balekambang sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali. Tepatnya pada hari raya Nyepi, lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo. Pulau ini menjorok masuk dari bibir pantai sekitar 70 meter yang dihubungkan dengan jembatan. Keberadaan pura ini bagai magnet tersendiri bagi Pantai Balekambang. Tradisi Nyepi dengan menggelar ritual keagamaan Hindu selalu dinantikan wisatawan dari berbagai daerah, termasuk wisatawan asing.

Fasilitas:
Pantai ini memiliki fasiitas umum yang memadai, sehingga pengunjung tidak kesulitan ketika mencari fasilitas umum. Fasilitas yang terdapat di Pantai Balekmbang antara lain
– Area Parkir
– Mushola
– Toilet/Kamar Mandi
– Warung/Restouran
– Camp Area
– Penginapan

Harga Tiket Masuk:
Untuk dapat masuk kedalam kawasan Pantai Balekambang Malang anda hanya perlu membayar Rp. 15.000/orang

Tips:

  • Jagalah Kebersihan
  • Jagalah barang anda jangan sampai tercecer atau tertinggal
  • Ketika bermain dipantai, awasi anak, saudara atau teman anda
  • Gunakan Sunblock, payung atau topi agar kulit tidak mudah terbakar
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang adalah
  • Abadikan momen bahagia ketika berada di kawasan objek wisata pantai Balekambang

Mungkin Anda Menyukai