Pantai Bantol – Malang

Pantai Bantol – Kabupaten Malang menyimpan banyak potensi wisata alam pantai. Banyak pantai di Malang ini bahkan belum terekplorasi. Pantai Bantol ini belum banyak dikenal khalayak umum. Hanya saja untuk menuju ke pantai ini memang membutuhkan sedikit tenaga dan usaha yang sedikit ekstra. Untuk sampai ke pantai harus melewati jalan tanah dan berbatu alias jalan makadam melewati hutan jati dan berkelok-kelok. Pantai Bantol pantai yang masih bersih dan alami karena belum banyak dikunjungi orang. Pantai ini dengan hamparan pasir dan airnya yang jernih sungguh mempesona, walaupun sebenarnya pantai ini tidaklah terlalu luas. Pantai ini berada di sebuah teluk, sehingga air laut/ombak tidak terlalu besar, namun saat pasang tiba dibarengi angin kencang maka sangat berbahaya bermain air di pantai ini.

Lokasi :

Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Rute dan Akses :
Pantai ini berjarak 90 km dari kota malang. Salah satu rute yang dapat anda lalui adalah memlalui Malang – Kepajen – Pagak – Ngliyep. Di Pagak yang menuju arah Ngliyep, Anda akan menjumpai papan jalan yang menunjukkan Pantai Ngliyep jika ke kanan dan Banjarejo jika lurus. Di situ Anda ambil jalan menuju Banjarejo. Setelah melalui jalanan Desa Banjarejo yang didominasi bebatuan sepanjang kurang lebih 5 km, sampailah Anda di area pantai Bantol.

Daya Tarik :
Pantai Bantol ini salah satu pantai yang masih alami salah satu sebabbya adalah jalan akses, namun pemandangan menuju lokasi Pantai Bantol sungguh menarik, anda akan melewati hutan jati yg sangat asri, namun jalan di hutan jati ini sedikit berlumpur dikala hujan dan sedikit berbatu. Disarankan anda menggunakan mobil berpenggerak 4 roda atau sepeda motor tapi jangan motor matic.

Sampai di Pantai Bantol anda akan terpesona dengan keindahannya, pantai ini ombaknya tidak besar dan terlindung oleh gugusan karang. Namun tetap berhati-hati bila pasang tiba, ombaknya bisa berbahaya. Pasir di pantai ini berwarna putih coklat.

Pantai ini memiliki pesanggrahan yang dibuat oleh warga setempat yang berjarak 200 meter dari pantai. Biasanya para pengunjung menyempatkan diri untuk berkunjung di Pesanggrahan ini. Lokasi pesanggrahan ini juga termasuk strategis, berada di atas karang sehingga ketika tiba di atasnya kita bisa melihat pesona pantai Bantol dari atas karang/pesanggrahan ini.

Spot memancing di pantai Bantol ini lumayan banyak. Bagi anda yang hobi memancing jangan lupa bawa peralatan anda. atau anda yang suka Snorkling atau diving sambil melihat keindahan karang sambil mencari lobster, di Pantai Bantol ini lumayan terkenal sebagai lokasi lobster.

Terdapat sebuah danau air payau di hutan bakau, walaupun hutan bakau jarang ditemui di daerah pesisir selatan namun tumbuhan tersebut ada di pantai ini. Air payau tersebut dikarenakan terdapat sungai kecil yang mengalir ke pantai Bantol.

Fasilitas :
Sayang sekali belum terdapat fasilitas yang memadai di Pantai ini. Anda harus membawa bekal makanan dan minuman yang cukup ketika berwisata di pantai ini.

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Anda cukup membayar Rp. 5.000/orang dan biaya parkir sebesar Rp. 5.000

Tips :
Bawalah kembali sampai yang anda ciptakan, karena lokasi ini masih alami sekali dan bersih.
Bawalah makanan dan minuman yang cukup karena anda tidak akan menemukan penjual makanan di sini.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :