Pantai Clungup – Malang

Pantai Clungup – Pantai Clungup merupakan salah satu pantai yang ada di Kota Malang dan berada di dalam kawasan Konservasi Sendangbiru, di Desa Tambakrejo.

Pantai ini menjadi salah satu pantai di pesisir selatan pulau jawa yang mampu membuat kamu terpesona melihat pemandangan yang sangat indah.

Pantai Clungup di Malang ini memiliki keindahan bahari yang tidak kalah dengan pantai- di Indonesia yang berskala Internasional. Pesonanya akan membuat kamu terpukau dan tidak dapat melupakan keindahan Pantai ini.

Lokasi :
pantai Clungup berada di Desa Sendang Biru, Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur.

Rute dan Akses :
Pantai Clungup berjarak 75 km dari Kota Malang sehingga membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam untuk sampai kesana.

Salah satu rute yang bisa kamu lewati adalah menuju Kecamatan Bululawang > Kecamatan Turen > Kecamatan Sumber Manjing Wetan > Pantai Sendang Biru. Nanti akan ada petunjuk arah sesampai nya di pertigaan Pantai Sendang Biru, setelah itu ikuti petunjuk yang Clungup Mangrove Conservation.

Area parkir menuju pantai agak jauh, dikarenakan anda memasuki Kawasan Konservasi Mangrove apalagi bila anda menggunakan mobil, jalur yang anda tempuh makin kedalam makin menyempit.

Daya Tarik :
Pantai ini dijuluki juga dengan sebutan Raja Ampatnya Malang.

Pantai ini sangat asri karena jarang dikunjungi wisatawan sehingga suasananya masih sangat bersih dan indah. Hamparan pasir putih yang sangat luas akan Anda temui di sini, apalagi jika air pantai dalam keadaan surut. Akan terlihat hamparan pasir putih tak kurang dari setengah kilometer. Pantai ini cukup terlindungi oleh perbukitan dan banyak kebun penduduk. Tidak ada sampah yang berserakan, hanya saja terdapat serpihan kayu-kayu yang terbawa ombak terdampar di beberapa bagian pantai. Tetapi hal itu tidak mengurangi keindahan Pantai Clungup. Sudah ada beberapa tempat sampah terbuat dari anyaman bambu berjejer di sepanjang pantai. Ombak di Pantai Clungup cukup tenang sampai jarak sekitar 500 m karena pantai dilindungi beberapa pulau kecil di lepas pantai. Terkadang ombak cukup deras menyapu tepian pantai. Kedalaman pantai cukup dangkal, sehingga bisa untuk berenang di sepanjang tepian pantai. Tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena di dasar pantai banyak batu dan karang yang tentunya cukup tajam. Pada saat sore hari seringkali ditemui ubur-ubur kecil yang terdampar di tepi pantai.

Panorama di sini cukup indah, pemandangan berupa tiga buah pulau kecil dan karang-karang akan memanjakan mata Anda. Suasananya masih sangat alami. Anda bisa juga memanjat pulau karang tersebut tetapi perlu berhati-hati, karena karangnya sudah pasti cukup tajam. Sejauh mata memandang terlihat keasrian panorama Pantai Clungup yang sangat berbeda dari pantai-pantai lain. Di sekitar pantai masih banyak terdapat hutan bakau yang masih lebat. Bila ingin ke Pantai Goa China bisa berjalan ke sisi kanan dari Pantai Clungup.

Fasilitas :
Area parkir
Toilet
Camp Area

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Tiket masuk Rp. 6.000/org
Parkir Rp. 3.000/motor, Rp. 5.000/mobil

Tips :
Jagalah kebersihan
Bawalah bekal yang cukup

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :