Pantai Dlodo Tulungagung

Pantai Dlodo – Salah satu pantai yang berada di Kabupaten Tulungagung adalah pantai Dlodo. Pantai ini mempunyai nilai jual sendiri atau memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain yang ada di Tulungagung.

Lokasi:
Desa Dlodo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

Rute dan Akses:
Pantai Dlodo berjarak hanya 35 km dari Alun-alun Kota Tulungagung atau sekitar 1 jam lebih waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Dlodo. Pantai ini berada di Selatan Kota Tulungagung, diapit oleh pantai Sine dan Pantai Kedung Tumpang. 3 Pantai ini memang berada di dalam Teluk Sine.

Dari arah Kota Tulungagung ke arah Kalidaiw kemudian ke arah Pucanglaban kemudian masuk ke arah Pantai Dlodo.

Daya Tarik:
Menuju pantai ini sangat mudah dan gampang karena jalan yang dilalui sudah banyak dipasang papan petunjuk arah, sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin bersantai di pantai Dlodo.

Memasuki kawasan pantai, kita akan melalui pohon kelapa yang berjejer-jejer, kita akan melalui sebuah kebun kelapa yang luas, indah sekali dan sejuk. Banyak orang berhenti sejenak untuk bersitirahat dan berphoto-photo di kebun kelapa ini.

Ketika sampai di kawasan pantai kita dapat memarkirkan kendaraan di dekat pantai, setelah kebun kelapa. Lahan atau lokasi yang dipakai biasanya setelah melewati kebun kelapa bagian kiri dan kanan.

Ketika sampai kita akan melihat gundukan-gundukan pasir yang besar. Gundukan-gundukan inilah yang menjadi hal unik di pantai Dlodo. Gundukan-gundukan ini terbentuk karena fenomena alam, terbentuk karena hantaman ombak dan angin laut.

Pantai Dlodo memiliki hamparan pasir yang luas sepanjang 2 km panjangnya. Pasirnya memiliki 2 warna yaitu pasir putih dan pasir hitam. Pasir hitam ini adalah bijih besi, terdapat sebuah tambang bijih besi di Pantai Dlodo namun sudah ditinggalkan karena tidak memiliki ijin, karena dapat merusak pantai Dlodo.

Pantai ini memiliki ombak yang besar, bahkan dapat mencapai ketinggian 7 meter.

Di pantai ini terdapat sebuah muara berair payau yang rindang, banyak ditumbuhi pepohonan.

Fasilitas:
Area Parkir
Toilet
Pendopo

Harga Tiket Masuk (HTM):
Untuk masuk ke dalam wisata pantai Dlodo anda tidak perlu membayar tiket masuk namun hanya dipungut biaya parkir. Untuk motor sebesar Rp. 5.000 dan monbil Rp. 10.000

Tips:

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah Peraturan dan larangan yang berlaku
  • Pakailah Sunblock, payung, kacamata, topi agar menghindarai dari terbakar sinar matahari
  • Awasi anak, saudara atau teman anda ketika bermain-main
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :