Pantai Gerangan Tulungagung

Pantai Gerangan – Pantai ini salah satu pantai yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Tulungagung. Pantai Gerangan ini sekarang sedang menjadi lokasi wisata pantai yang sering dikunjungi karena lokasinya yang dekat dengan kota, akses jalannya mudah dan lokasinya yang nyaman untuk bersenang-senang/beristirahat ataupun sekedar melepas lelah.

Penduduk disekitar pantai Gerangan sangat ramah, perahu-perahu nelayan tampak bersandar di tepi pantai, suasan sangat asri dan rindang. Pantai ini sering digunakan instansi pendidikan untuk melaksanakan kegiatan outdoor misalnya untuk kegiatan Pramuka, OSIS, PMR dana lain-lainnya.

Lokasi
Dusun Wonokoyo Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur

Rute dan Akses:
Pantai Gerangan berjarak 35 km dari Alun-alun Kota Tulungagung atau sekitar 65 menit waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai disana. Perjalanan ke pantai melewati jalan yang berliku bahkan turun naik, tapi kita dapat melihat rimpunnya pepohonan selama perjalanan. Ketika hendak sampai di lokasi pantai, jalanan agak semakin menyempit, diharapkan untuk berkendara dengan hati-hati.

Dari Alun-alun Kota Tulungagung ke arah Desa Besole lalu belok kiri ke arah Pantai Popoh ketika sampai di pertigaan kekanan arah pantai Popoh maka kita ambil jalan lurus saja ambil arah ke Pantai Brumbun karena jalan yang dilalui sama bila menuju Pantai Brumbun. Pantai Gerangan ini bersebelahan dengan pantai Brumbun, pantai Gerangan berada di sebelah timur pantai Brumbun.

Daya Tarik:
Pantai gerangan seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Tulungagung, pasirnya putih tapi juga abu-abu agak kasar namun nyaman ketika diinjak. Pantai ini menjual pesona keasraiannya karena disepanjang tepi pantai ditumbuhi pepohonan yang besar-besar sehingga kita dapat bristirahat di bawahnya sambil melihat pesona laut dengan deburan ombaknya dan menghirup segarnya udara di pantai ini. Warga membuat kanopi-kanopi dan tempat duduk dibawah pohon tersebut sehingga memudahkan para wisatawan yang berkunjung.

Terdapat sebuah muara kecil di pantai Gerangan ini dan disebelahnya terdapat anak tangga yang terbuat dari beton yang menuju jalan diatasnya. Jalur ini cukup rindang dan tersembunyi, anda bisa menikmati pemandangan pantai Gerangan dari atas melalui jalur ini.

Di Pantai Gerangan tidak banyak orang yang berjualan, hanya 2-3 warung saja yang buka, namun tidak usah kuatir soal harga, sangat murah sekali.

Soal parkiran anda dapat menitipkan dipekarang warga dengan seijin tuan rumah, warga/penduduk Pantai Gerangan sangat ramah jadi tidak usah kuatir.

Pantai ini ombaknya tidak terlalu besar karena berada di dalam sebuah teluk, sehingga aman untuk bermain-main ataupun berenang di pantai ini.

Fasilitas:

  • Area parkiran
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung
  • Kanopi/tempat duduk

Harga Tiket Masuk (HTM):
Untuk dapat masuk ke Pantai Gerangan anda tidak perlu membayar biaya tiket alias gratis.

Tips:

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah Peraturan dan larangan yang berlaku
  • Pakailah Sunblock, payung, kacamata, topi agar menghindarai dari terbakar sinar matahari
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :