Pantai Goa China – Malang

Pantai Goa China – Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Rowo indah. Dikutip dari laman wikipedia, nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang China yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular dibandingkan dengan Goa China yang digunakan sampai sekarang. Tidak ada catatan resmi tahun berapa tragedi itu terjadi, namun warga sekitar pantai meyakini sekitar 20 tahunan silam.

Lokasi :
Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang

Rute dan Akses :
Dari Kota Malanag menuju Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing-Sitiarjo-Pantai goa China.
Rutenya sangat mudah, banyak rambu petunjuk yang akan menuntun anda sampai ke lokasi. Walaupun jalan yang dilewati berkelok-kelok namun cukup baik untuk dilewati.

Pesona :
Salah satu keunikan dari pantai ini adalah terdapat 3 gelombang air laut yang bertumbukan, gelombang dari Timur, gelombang dari Selatan dan gelombang dari Barat. Ketiga gelombang itu saling bertumbukan diantara 2 pulau yang terdapat di sana yaitu Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya sehingga menimbulkan suara gemuruh.

Terdapat beberapa pulau di area pantai. Seperti yang disebutkan diatas yaitu Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya dan lainnya. Adanya pulau di pantai dan rindangnya pohon-pohon di pinggir pantai membuat pemandangan di Pantai Goa Chiona ini sangat mempesona.

Hamparan pasir yang lembut dan gelombang ombak membuat hasrat ingin bermain air dan pasir, namun sangat disarankan jangan berenang di Pantai Goa China karena ombakny aagak ganas.

Keberadaan goa di pantai ini terletak di sisi kanan pantai sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Goa tersebut sebenarnya tidak begitu bagus, hanya rongga biasa yang menjorok sekitar delapan meter dengan ketinggian sekitar dua meter. Siapa pun bisa dengan mudah masuk. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar, bisa untuk dua orang berjalan beriringan. Lebarnya kira-kira dua meteran. Meski namanya goa, tetapi tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit yakni batu-batu yang menjorok tajam dari atas goa maupun dari sisi tebing maupun dasr goa. Jadi, goa ini lebih tepat disebut sebagai rongga yang ada di dalam karang. Meski begitu, goa ini terlihat memiliki nilai magis yang kuat.

Fasilitas :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Warung/Kios
  • Camp Area

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Tiket masuk ke Pantai Goa China sebesar Rp. 5.000/orang belum termasuk retribusi parkir

Tips :

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang ada
  • Pakailah tabir surya/payung/topi untuk menghindari tersengat sinar matahari
  • Bawalah bekal karena warung disekitar pantai tidak banyak selain itu juga bisa menghemat biaya

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :