Pantai Indah Widarapayung Cilacap

Pantai Indah Widarapayung – Pantai ini mungkin tidak seterkenal Pantai Teluk Penyu namun punya keistimewaan sendiri. Pantai ini memiliki pesona tersendiri. Pantainya landai namun memiliki ombak yang lumayan besar. Wisata Pantai di Kabupaten Cilacap memang menjadi salah satu andalan Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap.
Pantai ini termasuk pantai yang bersih dan rindang. Banyak pepohonan disepanjang pantai dan pasirnya ditumbuhi tumbuhan merambat. Sangat asri bila di jadikan tempat photo dan beristirahat.

Pantai ini pernah terkena imbas tsunami pada saat terjadi tsunami di Pangandaran pada 17 Juli 2006 silam yaitu kerusakan pada infrastruktur pantai Widarapayung, namun pemerintah Kabupaten Cilacap kembali membangun infrastrukturnya, antara lain jalan beraspal yang menghubungkan dengan dua objek wisata pantai lainnya yakni Pantai Ketapang Indah di Desa Sidaurip dan Pantai Karang Pakis di Desa Karang Pakis. Keadaan Pantai ini menjadi lebih lengkap. Terbukti dengan adanya lima kolam renang permanen, tidak seperti dulu yang masih menggunakan terpal. Di pantai ini pengunjung dapat menikmati olahraga surfing, voli pantai, dan berkuda. Dan untuk menjaga keselamatan para pengunjung, pemerintah setempat juga menempatkan pos SAR

Lokasi :
Pantai Widarapayung terletak di Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute :
Dari Purwokerto:
Ke arah selatan melewati Jalan buntu Kroya, kemudian di perempatan buntu belok kanan, kemudian lurus terus hingga mentok pertigaan di desa jepara kulon, kemudian belok kanan dan lurus sampai ada perempatan Binangun, kemudian belok kiri dan lurus terus hingga sampai di Pantai Widarapayung.

Dari Cilacap atau Kebumen:
Ke arah timur melalui Jalan Diponegoro (jalan utama yang menghubungkan Cilacap kota – Kebumen bagian selatan). Jalan ini akan melewati desa Widarapayung. Untuk lebih membantu gunakan perangkat ponsel anda, gunakan aplikasi : Google Maps atau Here Maps.

Daya Tarik :
Tanaman liar yang berduri banyak ditemui di bagian barat Pantai Widarapayung, atau di desa sidayu. Jadi berhati-hatilah jika ingin kesini. Tetapi tanaman berduri ini sering juga dimanfaatkan oleh pengunjung untuk ber foto-foto.

Pohon Pandan di Pantai Widarapayung bertumbuh subur dan lebat, sehingga dibalik pohon ini sering digunakan untuk berduaan dengan pasangan. Pohon pandan ini letaknya di sepanjang Pantai Widarapayung.

Tanaman bunga merambat, dibagian sebelah barat Pantai Widarapayung, tepatnya di Desa widarapayung Kulon. Disini terdapat tanaman bunga liar yang indah juga bagus sebagai background photo. Warga setempat menyebutnya tanaman dukut gulung. Tanaman dukut gulung sendiri adalah tanaman khas pantai selatan.

Di Pantai ini pasirnya banyak ditinggali oleh hewan-hewan kecil yang memang hidup di pasir pantai, sehingga banyak wisatawan terutama anak-anak menggali pasir untuk mencari hewan-hewan kecil ini.

Naik kuda disepanjang pantai adalah aktifitas yang patut dicoba. Anda dapat menyewa kuda untuk berjalan-jalan disepanjang pantai.

 

Fasilitas :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Gubuk/Pondok Lesehan
  • Warung/Kios
  • Kolam Renang

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Harga Tiket Masuk di Pantai Widarapayung tergantung anda masuk dari gerbang mana. Bila masuk dari pintu gerbang utama anda harus membayar Rp. 5.000/orang namun bila masuk melalui pintu kedua yaitu di perbatasan Desa Widarapayung dan Desa Sidayu cuma membayar Rp. 3.000/orang dan gerbang ketiga terletak di perbatasan Desa Widarapayung Kulon dengan Desa Sidayu harga tiket Rp. 3.000/orang

Tips :

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhi peraturan dan larangan yang ada
  • Awasi anak, saudara dan teman anda bila bermain air karena ombak di sini termasuk besar
  • Jagalah barang bawaan anda jangan sampai tertinggal atau tercecer.
  • Cobalah membeli Rempeyek Yutuk, makanan ini salah satu andalan warga sekitar.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :