Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar

Pantai Jolosutro – Salah satu lokasi wisata yang ada di Kota Blitar adalah Pantai Tambakrejo. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan baik hari biasa apalagi dikala liburan tiba.

Pantai ini tidak hanya sebagai lokasi wisata saja namun banyak hal yang bisa kita temukan di pantai Tambakrejo Blitar ini. Di pantai Tambakrejo ini terdapat sebuah dermaga yang biasa digunakan oleh para nelayan, pada hari tertentu diadakan sebuah acara atau prosesi larung saji.

Lokasi
Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

Rute dan Akses
Pantai Jolosutro berjarak lebih kurang 45 km dari Kota Blitar atau sekitar 1 jam 30 menit waktu perjalanan. Pantai ini terletak dekat dengan perbatasn Kabupaten Malang.

Rute yang dapat anda tempuh yaitu melalui Blitar – Brongkos – Wates – Ringinrejo – Pantai Jolosutro.

Rute menuju Pantai Jolosutro termasuk mudah dan baik, namun ketika memasuki Kecamatan Wates menuju Desa Ringinrejo jalana yang anda tempuh tidak selebar sebelumnya, apalagi ketika memasuki Desa Ringinrejo, jalan sudah diaspal namun kualitas aspalnya jelek.

Memasuki kawasan Pantai Jolosutro anda akan melewati loket pembayaran retribusi, ketika hendak sampai di pantai jalan yang anda lalui tidak lagi jalan beraspal melainkan jalan makadam, sangat disayangkan pengaspalan tidak menyeluruh sanpai diujung pantai.

Daya Tarik
Pantai Jolosutro memiliki daya pikat pesona alam dan misteri yang melingkupinya. Daya pikat pantai Jolosutro dari segi alam sungguh menawan. Pasir yang berciri khas pantai selatan dan ombaknya yang besar ditambah lagi gugusan karang yang berada di pantai, sungguh perpaduan yang mempesona.

Keunikaa lainnya adalah terdapat lokasi pasir hitam di kawasan pantai ini. Pasir hitam atau bijih besi ini lah yang membuat seolah-olah pantai ini memiliki 2 warna pasir.

Disepanjang pantai ini ditumbuhi pepohonan sehingga sangat rindang dan asri, dan juga warung-warung telah didirikan sehingga kita bisa beristirahat sambil memandangi keindahan pantai Jagalah.

Pohon-pohon cemara digaris pantai ditanam bersussun/berjejer sehingga sangat rapi dan dibuatkan bangku-bangku dibawahnya, didepannya kadangkala terdapat perahu nelayan yang ditammbatkan, sering dimanfaatkan pengunjung untuk berphoto-photo diatasnya, kadangkala perahu tersebut disewa oleh pengunjung agar dapat berlayar ke tengah laut.

Dikala tertentu di Pantai ini diadakan sebuah acara yang sangat ramai dikunjungi dan diikuti oleh umat Hindu yaitu upacara Melasti.

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Gazebo
  • Warung/Kios

Harga tiket Masuk (HTM)
Untuk dapat masuk ke Pantai Tambakrejo anda harus membayar tiket sebesar Rp. 7.000/org

Tips

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Gunakan sunblock, sayung, topi dan kaca mata untuk melindungi anda dari sengatan sinar matahari.
  • Awasi anak, saudara atau teman anda bila bermain air/berenang.
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :

Mungkin Anda Menyukai