Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko ini adalah salah satu pantai yang terletak di Kota Malang. Pantai ini jarang dikunjungi oleh orang. Janagan tanya soal kealamian dan keasrian pantai ini. Pantai ini mempunyai keunikan yang jarang ditemui di pantai-pantai pada umumnya. Pantai ini juga masih bersih dari sampah-sampah manusia. Nama pantai ini pun disamakan dengan nama sebuah kayangan yang ditempati oleh Batara Narada yang terkenal dengan sebutan Sanghyang Kanwakaputra (tangan kanan Batara Guru)

Lokasi :
Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Rute dan Akses :
Lokasi pantai ini berjarak kurang dari 70 km dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke pantai ini. Pantai ini memiliki jalan yang berkelok-kelok. Apalagi setelah mau sampai di lokasi in. Anda harus ekstra tenaga dan ekstra hati-hati, karena jalanan yang lumayan ekstrem. Kendaraan yang anda gunakan sebaiknya kendaraan roda dua, karena bila menggunakan mobil maka anda harus mencari parkiran yang agak jauh dari pantai sehingga anda juga harus berjalan lebih jauh.

Daya Tarik :
Di Pantai ini terdapat sebuah lokasi yang disebut dengan “Watu Ngebros”. Disebut demikian karena di pantai ini terdapat lubang karang yang dilewati oleh 2 arus, sehingga ketika arus tersebut bertumbukan maka air akan menyembur melalui lubang dan mengeluarkan suara ngebros dari lubang tersebut. Semburan air ini bida mencapai ketinggian 10 meter dan suara ngebros bisa terdengar 7 km dari lokasi. Sayangnya semakin lama lubang ini semakin membesar sehingga suaranya tidak semelengkin seperti dahulu, suaranya semakin berkurang kekerasannya.

Daya tarik lainnya dari Jonggring Saloka adalah Pantai Pasir Hitam, pengunjung akan melihat hamparan pasir di sepanjang pantai yang berwarna hitam pekat dan pasirnya halus lembut.

Di pantai ini anda juga akan menemukan sebuah lokasi yaitu Gondang Towo, Gondang Towo ini adalah lokasi air payau yang ada di pantai Jonggring Saloko.

Fasilitas :
Dahulu terdapat sebuah gerbang di pantai ini, namun sekarang sudah tidak berfungsi lagi. Warung/kios tidak ada di pantai ini. Hanya terdapat 2 rumah di lokasi ini, dan rumah warga yang lain berjarak beberapa kilometer dari pantai. Bawalah bekal makan dan minum yang cukup.

Harga Tiket Masuk :
Tidak ada retribusi tiket di pantai ini alias gratis, ada lokasi parkir dan itupun gratis karena pantai ini sudah tidak lagi dijaga/dikelola.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :

Mungkin Anda Menyukai