Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat

Pantai Karang Nini Pangandaran Jawa Barat – Pantai Karang Nini terletak di Pangandaran Jawa Barat, Bila anda ingin mencari wisata pantai alternatif, Pantai Karang Nini bisa menjadi salah satu pilihan anda. Suasana yang tenang, pesona alamnya yang apik akan membuat piknik atau liburan anda nyaman. Pantai Karang Nini mempunyai cerita atau mitosnya sendiri. Menambah rasa penasaran ingin berkunjung ke lokasi wisata ini.
Pantai Karang Nini memiliki garis pantai yang panjang, di beberapa bagian pantai dihiasi dengan bebatuan karang. Di balik bebatuan karang, pengunjung dapat melihat berbagai biota laut yang terjebak ketika laut surut. Pantai Karang Nini berbeda dengan pantai lainnya yang ada di kawasan Pangandaran. Pantai ini terlihat lebih sepi dan dinilai cocok sebagai lokasi untuk melepas penat.

Mitos/Legenda Pantai Karang Nini
Dikisahkan terdapat sepasang kakek dan nenek atau aki dan nini yang sudah renta namun tidak memiliki anak atau keturunan. Untuk memmenuhi kebutuhan sehari-hari sang aki biasanya melaut. Suatu saat sang kakek harus melaut dikarenakan semua bahan makanan telah habis, sang nini menunggu di rumah menyiapkan peralatan untuk memasak bila sang aki datang membawa hasil melaut. Namun pagi tiba sang aki juga tidak kembali, sang nini pergi kepantai dan berdoa kepada Tuhan agar sang aki kembali, lalu muncullah batu dari karang dari laut yang menyerupai bentuk sang aki, sang nini pun paham bahwa sang aki telah tewas, karena cintanya sang nini kepada sang aki, memohonlah sang nini kepada Tuhan agar merubah tubuhnya seperti sang aki. Llu berubahlah wujud sang nini menjadi batu dan saling berhadapan dengan sang aki.

Lokasi dan Rute
Pantai Karang Nini Terletak di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Jarak Pantai Karang Nini dari pusat Kota Ciamis sejauh 80 km dengan jarak tempuh rat-rata sekitar 2 jam. Jika dari Pangandaran hanya berjarak 10 km atau membutuhkan waktu hanya 20 menit untuk sampai ke Pantai Karang Nini.

Pesona Pantai Karang Nini
Seperti yang disebutkan diatas, pantai ini memiliki mitos yang menarik membuat orang menjadi penasaran ingin berkunjung melihatnya. Terdapat 2 karang seperti orang yang berhadap-hadapan, masyrakat sekitar menyakini bahwa karang tersebut adalah wujud dari sepasang aki dan nini yang membatu. Pesona Pantai ini sendiri sangatlah apik, dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi, kerindangan pohon di sepanjang pantai, karang dan bukit yang ada di pantai, merupakan perpaduan yang sangat mempesona. Spot memancing dan tempat berphoto-photo bisa dilakukan di Pantai Karang Nini atau berenang dan bermain pasir bersama keluarga.
Terdapat juga beberapa objek wisata di kawasan ini yaitu :
– Makam Cikabuyutan dan Mata Air Sumur Tujuh
– Goa Kramat (Goa Panjang, Goa Parat, Goa Dompet, dan lain-lain)
– Ziarah Makam Eyang Anggasinga Wencana dan Mahapatih Bagaspati
– Aquarium Alam Muara Cipangbokongan
– Menara Pandang

Fasilitas Yang ada :
> Area parkir
> Mushola
> Warung Makan dan Penginapan
> Kamar Mandi/Toilet/MCK
> Kios Souvenir

Harga Tiket Masuk (HTM)
Rp. 5.000/orang belum termasuk biaya parkir dan lain-lain

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :