Pantai Klatak – Tulungagung

Pantai Klatak – Pantai Klatak ini salah satu pantai yang sedang dikembangkan oleh warga setempat. Pantai ini masih bersih dan asri. Saat ini banyak pengunjung yang datang terutama dihari-hari libur atau weekend. Mulanya pantai ini hanyalah sebuah pantai tempat para neayan melabuhkan kapalnya, dan para nelayan membuat rumah tinggal disekitan tepi pantai, namun semenjak beberapa tahun lalu pantai ini oleh inisiatif beberapa tokoh mulai dikembangkan tidak hanya sebagai sentra produksi ikan namun mulai dikembangkan potensi kekayaan alamnya yaitu sebagi lokasi wisata pantai.

Lokasi:
Dusun Soireng, Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.

Rute dan Akses:
Akses jalan menuju pantai ini sudah bisa dianggap baik, karena bisa dilalui motor dan mobil bahkan truk pun bisa sampai di lokasi ini yang biasaya dimanfaatkan warga untuk mengangkut hasil laut atau pun hasil hutan atau material-material. Walaupun belum diaspal namun jalannya rata tidak berlubang. Jalanan tidak beraspal ini hanya beberapa kilometer saja sampai ke tepi pantai selebinya telah beraspal. Bila dari Kabupaten Tulungagung atau Pacitan maka jalan yang dilalui berkelok-kelok dan naik turun.

Pantai Klatak berjarak sekitar 40 km dari Alun-alun Kota Tulungagung dan menempuh waktu sekitar 1 jam saja. Bila anda dari Kota Ponorogo berjarak kurang lebih 90 km dan waktu 2 jam lebih untuk sampai ke pantai ini.

Paling mudah ketika menuju ke pantai ini adalah melalui jalur Lingkar Selatan (JLS) anda juga dapat mampir ke bebebrapa pantai lain yang ada di sepanjang Jalur Lingkar Selatan (JLS).

Daya Tarik:
Pantai Klatak ini berkembang setelah Jalur Lingkar Selatan (JLS) dibuat. Sebelumnya Klatak dikenal hanya sebagai kampung nelayan kecil saja, untuk sampai ke pantai saja harus melalui jalan setapak belum ada jalan akses yang cukup besar untuk dilewati mobil. Namun sekarang berubah, masyarakat nelayan disana menyadari potensi yang tersimpan, sehingga berinisiatif mengembangkan potensi wisata pantai Klatak.

Pantai Klatak adalah pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna coklat dan diselingi batu-batu. Disepanjang pantai ditumbuhi pohon kelapa sehingga sangat rindang.

Para warga pun mulai berusaha menarik wisatawan dengan membuat warung-warung makan, hasil penangkaran atau hasil laut yang mereka tangkap mereka jual langsung baik segar maupun matang. Hasil laut yang para warga Klatak jual pun bisa dibilang komplit, dari ikan, cumi, gurita, bahkan lobster. Kalau diperhatikan banyak keranda-keranda lobster di sekitar pantai.

Selain warung para warga juga menyiapkan mushola, area parkir, toilet dan lain-lain agar pengunjung pantai Klatak mudah mencari fasilitas umum. Fasilitas-fasilitas tersebut dibangun secara swadaya oleh warga Pantai Klatak. Memang Pantai ini belum tersentuh oleh pemerintah untuk aspek wisatanya.

Fasilitas:
Seperti yang disampaikan diatas pantai ini memiliki fasilitas umum yang dibangun oleh warga sendiri. Beberapa fasilitas yang dibangun warga adalah:

  • Loket
  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Warung makan/Kios

Tips:

  • Jagalah kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Awasi anak-anak anda atau saudara atau teman anda ketika bermain air karena ombak di pantai ini lumayan besar.
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer.
  • Gunakan sunblock, payung, topi agar tidak terbakar matahari.
  • Usahakan anda ke pantai ini bukan di musim penghujan, karena jalan akses akan susah dilalui.

 

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :