Pantai Lampu’uk, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)

Pantai Lampu'uk, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)

Pantai Lampu’uk, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)

Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh tepatnya di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pantai itu berada di jalur Banda Aceh Calang (Aceh Jaya) atau sekitar 20km dari kota Banda Aceh. Pantai Lampuuk memiliki empat pintu masuk yang berderet dari selatan ke utara dan diberi nama sesuai urutannya, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan Babah Empat. Wisatawan lokal biasanya akan masuk lewat Babah Satu dan Babah Dua, Turis asing biasanya datang dari jalur Babah Tiga. Lokasi ini biasanya digunakan untuk kegiatan surfing atau sekadar bersantai menikmati liburan musim panas.

Beberapa orang menganggap Pantai Lampuuk adalah “Pantai Kuta”nya Aceh karena belakangan menjadi incaran para wisatawan penggemar surfing. Selain kegiatan surfing, anda juga bisa memanfaatkan ombak Pantai Lampuuk yang cukup bersahabat dengan melakukan kegiatan lain seperti berenang ditepi pantai, bermain wahana banana boat ataupun sekedar menyusuri bibir pantai. Di kawasan pantai, terdapat pula padang golf Seulawah yang berlatar belakang gulungan ombak. Pada sore hari, pantai ini terlihat lebih indah dan penuh pesona dengan indahnya matahari terbenam sehingga memberi suatu kenikmatan tidak terlupakan.

Ujung Pantai Lampuuk berbatasan langsung dengan tebing tinggi yang terjal dan anda bisa mencoba kegiatan panjat tebing yang biasanya diadakan oleh komunitas pecinta alam setempat. Pantai Lampuuk tergolong unik karena kamu akan menjumpai semacam kolam yang terbentuk secara alami dari air laut yang menerjang masuk ke daratan.Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini adalah mengunjungi konservasi penyu. Terletak di Babah Dua dan menjadi salah satu hal yang membuat wisatawan ingin mengunjungi Pantai Lampuuk. Konservasi penyu dapat menjadi wahana edukasi kepada anak-anak mengenai pelestarian lingkungan. Meskipun aktivitas massal seputar konservasi penyu hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, pengunjung dapat menemukan sejumlah tukik atau anak penyu yang ditampung di kolam kecil di salah satu sisi area ini. Tukik ini akan dilepas ke laut ketika mereka dianggap sudah cukup
mampu bertahan di alam lepas.

Disepanjang pantai juga terdapat banyak kios-kios yang menawarkan hidangan seafood disana. Ikan bakar seperti kerapu, ikan rambe, cumi, udang yang cocok untuk dinikmati saat bersantai bersama keluarga di pantai ini. Sedangkan jika ingin menginap di pantai Lampuuk ini, terdapat penginapan yang sangat unik di ujung pantai. Dari kejauhan memang hanya terlihat tebing yang tinggi, namun saat mendekat terlihatlah sebuah penginapan yang berada di tepi tebing. Namanya Joel’s bungalow, sangat unik karena letak penginapannya yang berada di atas tebing. Selain itu dibawahnya juga terdapat bungalow yang berada di tengah laguna kecil.

Kunjungi juga tempat Wisata Pantai lainnya yang banyak terdapat di Indonesia, sebagai tujuan wisata anda :