Pantai Papuma Jember, Jawa Timur

Pantai Papuma Jember, Jawa Timur

Pantai Papuma Jember, Jawa Timur Pantai Papuma Jember merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Jwa Timur. Nama Papuma sendiri adalah singkatan dari “Pasir Putih Malikan“. Kata Malikan itu sendiri diambil dari nama sebuah batu datar yang mirip kerang raksasa berjajar di sepanjang pantai yang menghadap ke barat. Batu Malikan sendiri konon merupakan tempat Raden Mursada dan Mursaud atau Joko Samudera memancing. Disinilah mereka secara tidak sengaja memancing ikan ajaib Raja Mina.

Sebelum dikelola, pantai ini hanya dikenal oleh msayarakat setempat, karena untuk mencapai pantai ini harus melewati hutan dan tebing-tebing karang yang cukup berbahaya. Tetapi begitu Papuma dikembangkan, pantai ini langsung menjadi salah satu ikon parawisata di Jember. Pantai ini semakin hari semakin rame, tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal tetapi juga dari mancanegara. Bagi sebagian wisatawan yang telah pernah berkunjung ke pantai-pantai di seluruh Jawa sepakat memberikan penilaian bahwa Pantai Papuma adalah pantai terbaik yang ada di Pulau Jawa.

Suasana yang sejuk membuat wisatawan yang berkunjung merasa betah dan ingin berlama-lama menghabiskan waktu liburannya, terlebih lagi wisatawan diperbolehkan untuk mandi di laut, kecuali di aerea yang dilarang. Pantai ini dikelilingi perbukitan yang membuat pantai ini nampak terlihat asri dan alami. Selain itu, Pantai Papuma juga cocok digunakan sebagai area berkemah dan outbound.

Karena suasana yang romantis dihadirkan, tidak sedikit pasangan yang menghabiskan masa bulan madunya di wisata pantai selatan ini. Meskipun demikian, keluarga yang berkunjung secara rombongan bersama keluarga besar mereka tidak kalah banyak.

Harga tiket masuk ke Pantai Papuma sejak Januari 2018 adalah sebesar Rp. 15.000/orang. Harga tiket masuk tersebut belom termasuk parkir sepeda motor sebesar Rp. 5.000 dan mobil Rp.  10.000. Bahkan, Jika ingin bermalam di kawasan pantai, tersedia juga penginatan berstandart internasional berupa 18 cottage yang masing-masing cottage dihuni 2 orang. Harga permalamnya untuk setiap cottage sebesar Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 500.000.

Baca Juga :