Pantai Pasur – Blitar

Pantai Pasur – Blitar

Pantai Pasur – Salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Blitar adalah pantai pasur. Pantai ini pantai yang jarang dikunjungi oleh orang karena faktor jalan akses yang kurang begitu baik.

Pantai pasur walaupun jalan aksesnya kurang baik namun memiliki pesona yang bisa dibilang menarik dan berbeda dengan pantai kebanyakan.

Pantai ini menawarkan sebuah perjalanan wisata yang sedikit unik yang bisa anda lakukan ketika di pantai ini.

Lokasi:
Pantai Pasur panatai yang terletak di Desa Buluwalang Kecamatan Bakung kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

Rute dan Akses:
Pantai ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Pantai ini berjarak kurang lebih 40 km dan dapat ditemppuh dalam waktu 90 menit. Jalan yang dilalui pun bisa dibilang mudah karena banyak papan petunjuk arah. Namun akses jalan akan sedikit sulit ketika akan sampai di kawasan pantai. Jalan sedikit menyempit dan bila berpapasan harus mengalah.

Rute yang dapat dilalui dari Kota Blitar adalah Blitar – Kademangan – Tirto Galuh – Buluwalang – Panta Pasur kemudian rute yang lain agak memakan waktu lebih lama yaitu Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Buluwalang – Pantai Pasur.

Daya Tarik:
Pantai Pasur memiliki karakter atau hamparan pasir hitam dan dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan rindang dan juga perkebunan atau ladang warga. Disepanjang tepi pantai ditumbuhi pepohonan sehingga dapat berteduh ataupun beristirahat dibawah pohon sambil menikmati pemandangan laut. Pasirnya juga ditumbuhi tanaman semak ataupun tanaman merambat.

Hamparan pasir di pantai ini bisa dibilang lumayan lebar sehingga enak untuk beraktifitas/bermain-main. Pantai ini juga memiliki atau terdapat karang-karang yang biasanya dijadikan spot photo ataupun spot mancing.

Pantai ini sangat landai dengan ciri khas ombak selatan, sehingga pengunjung haruslah hati-hati bila bermain air jangn sampai ke tengah.

Terdapat kapal nelayan yang sering menambatkan perahunya dipantai ini yang bisa kita sewa untuk berlayar ketengah laut. Kapal-kapal tersebut biasanya ditambatkan dekat muara, karena dipantai ini terdapat sebuah muara yang sangat elok dengan air yang tenang dan disepanjang muara ditumbuhi pepohonan sangat asri sekali.

Bila membawa kendaraan diharapkan jangan diparkir diarea pantai karena pasir disini dangat lembut sehingga bankendaraan anda bisa selip

Fasilitas:
Pantai ini belum dikelola secara resmi, sehingga bila anda mengunjungi pantai ini anda tidak perlu membayar tiket masuk, namun diharapkan anda membayar biaya parkir seikhlasnya.

Tips

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Gunakan sunblock, sayung, topi dan kaca mata untuk melindungi anda dari sengatan sinar matahari.
  • Awasi anak, saudara atau teman anda bila bermain air/berenang.
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer.
  • Bawalah bekal karena sulit menemukan warung yang berjualan dipantai ini.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :

Mungkin Anda Menyukai