Pantai Petanahan – Kebumen

Pantai Petanahan  РPantai ini cukup dikenal oleh masyarakat Kebumen atau Gombong dan sekitarnya. Pantai ini memiliki cerita dan mitosnya sendiri umumnya pantai-pantai di selatan Pulau jawa.

Mitosnya pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram tahun 1601 yang dirajai oleh Raja Sutawijaya, terdapat seorang anak yang cantik jelita yang bernama Dewi Sulastri. Sang anak memiliki rupa seperti bidadari dan sifat yang ramah. Lastri, begitulah panggilannya. Lastri anak Bupati Pucang Kembar yang bernama Bupati Citro Kusomo yang terkenal dan disegani. Pada saat itu setiap perkawinan selalu dijodohkan. Ayahnya mencalonkan Lastri dengan pria bernama Joko Puring, seorang Adipati di Bulupitu. Lastri meras keberatan dengan perjodohan tersebut namun tidak diutarakan kepada ayahnya.

Lastri jatuh hati kepada seorang pemuda bernama Raden Sujono anak dari seorang Demang. Dia merasa Raden Sujono, merupakan pemuda yang tepat bagi dirinya. Lastri pun melontarkan berbagai alasan agar Raden Sujono dapat diterima sebagai abdi dalem di Pucang Kembar. Bupati Citro Kusumo tidak mendengarkan permintaan sang anak. Akhirnya Sang putri menjalin cinta tersembunyi dengan Raden Sujono, hal tersebut akhirnya diketahui oleh calon suami Lastri dan terjadilah perseteruan anatar Raden Sjono dengan Joko Puring. Raden Sujonolah yang akhirnya bisa mempersunting Lastri. Merasa kecewa Joko Puring pulang dengan dendam, ia merencanakan rencana jahat. Ketika Raden Sujono pergi, Joko Puring datang dan menculik Dewi Sulastri. Joko Puring membawa Dewi Sulastri sampai ke Pantai Karanggadung, Raden Sujono pun mengejarnya. Walau Dewi Sulastri dipaksa menjadi istri Joko Puring namun ia tidak mau walau diancam untuk dibunuh. Raden Sujono berhasil mengejar Keduanya dan kemudian bertarung dengan Joko Puring dan berhasil mengalahkannya untuk kedua kali dan membawa pulang istrinya.

Setelah beberapa abad akhirnya Pantai Karanggadung dikenal dengan nama Pantai Petanahan.

Lokasi :
Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung Kcamatan Kebumen Kabupaten Gombong Provinsi Jawa Tengah

 

Rute dan Akses :
Rute ke Pantai Petanahan sangat mudah, dengan tujuan ke Kota Kebumen melalui Jalan Daendles kemudian diteruskan ke Jalan Pantai Petanahan.

Akses jalan yang dilalui pun mudah dan mulus. Telah banyak papan petunjuk arah sehingga membuat orang yang mau menuju kesana tidak menjai bingung dan hilang arah.

Daya tarik :
Pantai Petanahan memiliki garis pantai yang pajang dan berlekuk-lekuk. Terdapat sebuah menara pengawas yang terbuat dari kayu. Pasirnya berkarakter pasir layaknya pasir pantai pada pantai selatan laut jawa yaitu abau-abu hitam atau kecoklatan dengan ombak lumayan besar. pantai ini di sepanjang pantai ditumbuhi oleh tumbuhan, sehingga sangat rindang.

Anda dapat menyusuri pantai dengan berjalan kaki, atau bisa menyewa kuda. Bermain air dan pasir tentulah hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di pantai.

Fasilitas :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Warung/Kios

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Harga tiket masuk dipatok sebesar Rp. 5.000

Tips :

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang ada
  • Jaga barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer
  • Awasi anak anda ketika bermain diair atau berenang
  • Bawalah bekal dari rumah agar biaya wisata anda lebih hemat

 

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :