Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini merupakan salah satu surganya para peselancar. Dikenal juga dengan nama G-Land. Bagi Anda penyuka olahraga selancar, cobalah menjajal ombak ditempat Pantai Plengkung Banyuwangi, anda dapat merasakan serunya menunggangi gulungan ombak pantainya yang memukau. Dengan ombak tinggi, besar, dan memanjang itulah Pantai Plengkung dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak terbesar di dunia.

Ombak besar ini dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari Antartika, letaknya berada di sisi Teluk Garjakan, maka dari itu ombak lebih dominan datang dari sisi kanan dengan ombak berbentuk panjang, tinggi serta berkecepatan tinggi. Selain itu ombaknya juga berbentuk tabung, merupakan ombak yang sempurna bagi penggila olah rag surfing.

Dengan dasyatnya ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi ini membuatknya masuk kedalam salah satu “the seven giant waves” yaitu sebagai salah satu terbesar yang ada di dunia, Selain dikenal dengan nama G-Land juga dikenal sebagai salah satu tempat berselancar angin. Ketinggian ombak dapat mencapai hingga 4-6 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Formasi ini dapat mencapai panjang sejauh 2 kilometer. Inilah sebab mengapa para peselancar profesional memiliki ketertarikan tinggi untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung. Ada empat tipe ombak yang terdapat di Pantai Plengkung ini yang biasanya para surfing menyebutnya dengan istilah “chickens” (untuk ombak paling kecil), “speedies”, “mongkey trees” dan “kongs” sebutan untuk ombak paling besar.

Wisatawan yang datang ke Plengkung pada umumnya melakukan kegiatan berselancar. Para peselancar ini sebagian besar datang dari Bali karena lokasi Pantai Plengkung dapat diakses langsung dari Pantai Kuta Bali menggunakan speed boat. Bagi anda yang tidak ingin bermain selancar di Pantai Plengkung juga disediakan rumah panggung untuk menonton peselancar yang sedang beraksi, selain itu juga bisa menikmati panorama pantainya yang indah dengan hamparan pasir putih, air laut yang biru dengan gelombang ombak yang tidak pernah putus-putus merupakan serangkaian pesona dari Pantai Plengkung ini.

Untuk akomodasi disekitar pantai tidak terdapat hotel atau penginapan, tetapi Anda dapat menginap pada sejumlah “surf camp” yang ada di sana. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah G-Land Surf & Resort, Joyo surf camp, dan Bobby’s surf camp. Ketiganya berkonsep “back to nature” dan memiliki fasilitas berstandar internasional.

Kunjungi juga tempat Wisata Pantai lainnya yang banyak terdapat di Indonesia, sebagai tujuan wisata anda :