Pantai Plengkung (G Land)-Banyuwangi

Pantai Plengkung (G Land)-Banyuwangi

Pantai Plengkung (G Land)-Banyuwangi, popularitas pantai ini telah mendunia. Terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwa, memiliki ombak yang sangat tinggi dan besar. Banyak pengunjung dari mancanegara datang untuk menaklukkan dasyatnya ombak di Pantai Plengkung ini.

Pantai Plengkung menjadi salah satu spot surfing terbaik di Asia Tenggara. Ombak di Pantai Plengkung ini konsisten besar dan tinggi, ketinggian ombaknya dikisaran 4-8 meter, sangat menantang bagi pecinta surfing.

Ombak di Pantai Plengkung ini dibagi menjadi 3 tingkatan ombak, ada Kong Waves dengan tinggi ombak kisaran 6-8 meter, Speedis Wave tinggi ombak mencapai 5-6 meter dan Many Waves ombak dengan ketinggian hanya 3-4 meter.

Pantai ini, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, berada di timur Teluk Grajagan sehingga sangat wajar memiliki ombak yang dasyat, sehingga digemari oleh para peselancar. Pantai Plengkung sendiri lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara daripada wisatawan lokal. Sehingga muncul sebutan G land bagi Pantai Plengkung,

Daya Tarik Pantai Plengkung (G Land)
– Salah Satu tempat surfing terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara
– Kawasan pantai yang masih sangat alami
– Pantai Plengkung memiliki kombinasi tiga warna
– Rute yang menantang bagi yang suka berpetualang
– Mata air awet muda

Lokasi

Perjalanan menuju Pantai Plengkung memanglah tidak mudah, bahkan bisa dikatakan cukup berat dan menantang. Jalan yang masih belum diaspal membuat perjalanan semakin berat. Hal ini dikarenakan letak Pantai Plengkung sendiri berada di Taman Nasional Alas Purwo, sehingga ada larangan untuk mengubah kontur alamnya. Ada 2 cara yang bisa digunakan ketika hendak menuju ke Pantai Plengkung. Jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat anda bisa menggunakan transportasi umum, Masyarakat disana menyewakan Pick-Up yang telah dimodifikasi untuk mengangkut orang. Untuk jalur laut anda bisa menggunakan speedboat/perahu nelayan dari Pantai Grajagan. Atau bisa juga menggunakan speedboat dari Bali, biasanya ini digunakan oleh turis asing.

Penginapan

Di area Pantai Plengkung ini terdapat 3 Camp/Penginapan, yang biasanya disewa oleh turis asing. Tiga camp tersebut adalah G-Land Surf & Resort, Joyo’s Surf Camp dan Bobby’s Surf Camp.

Harga Tiket Masuk (HTM) :

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Wisata G-Land atau Pantai Plengkung maka akan di kenakan biaya masuk. Namun anda tidak usah khawatir karena tiket masuk yang di tawarkan tergolong masih terjangkau, Untuk lebih jelasnya anda lihat di bawah ini :

  • Harga tiket masuk taman nasional : Rp. 5.000,-
  • Harga tiket menyebrang menuju hutan lindung serta tepi pantai laut selatan Rp. 5.000,-

Beberapa hal yang harus anda ketahui adalah saat anda sudah berada di Pintu Masuk Taman nasional Alas Purwo, pengunjung tidak di perkenankan membawa kendaraan pribadi untuk melanjutkan perjalanan. jadi anda harus melakukan jalan kaki, atau bisa dengan menyewa Truk/Pick Up yang di sewakan.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :