Pantai Pulau Panjang-Jepara Jawa Tengah

Pantai Pulau Panjang- Jepara Jawa Tengah

Pantai Pulau Panjang, Pantai Pulau Panjang terletak di Pulau Panjang. Pulau Panjang sendiri mungkin masih asing terdengar di telinga anda. Pulau Panjang sendir mungkin bisa dianggap sebagai Virgin Island.

Pulau Panjang ditemukan pertama kali oleh seorang Syekh bernama Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawy. Beliau dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jawa khususnya di Jepara. Saat beliau wafat beliau dimakamkan di Pulau Panjang.

Daya Tarik Pulau Panjang

Pulau Panjang memberikan sensasi yang berbeda. Udaranya yang bersih, karena terdapat hutan tropis yang tidak begitu besar, namun ditumbuhi pepohonan lebat dan rindang. Jenis pohon yang ada pohon randu, asem jawa, dadap, danjuga pohon pinus yang berusia ratusan tahun yang berada di bagian timur pulau.

Pulau Panjang memiliki sebuah pantai dengan hamparan pasir putih. Ombaknya sangat bersahabat, aman bila ingin bermain-main di air. Airnya pun jernih,cocok buat yang ingin diving dan juga snorkling. Terumbu karang di Pulau Panjang ini menjadi primadona, ekosistemnya terjaga dengan sangat baik dan masih alami sekali.

Fasilitas

Pulau Panjang belum memiliki fasilitas yang komplit. Belum adanya penginapan membuat wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di pulau ini harus kecewa, bila memaksakan bermalam pengunjung harus camping di area pulau panjang. Namun untuk failitas umum lainnya telah ada di pulau ini. WC umum , musholla dan cafetaria telah tersedia. Selain itu ada penjaga pulau, sehingga bila anda ingin menginap/camping anda tidak lagi sendirian. Anda harus menjaga keasrian bila berkunjung. Buanglah sampah pada tempatnya.

Akses ke Lokasi

Bila anda ingin ke Pulau Panjang anda harus menggunakan kapal yang dapat anda sewa. Anda dapat ke Pulau Panjang melalui Pantai Kartini ataupun Pantai Bandengan. Bila anda berangkat dari dermaga Pantai Kartini, anda akan dikenakan biaya sebesarrp. 13.000/orang, bila berangkat dari dermaga Pantai Bandengan anda cukup membayar Rp. 10.000/orang saja karena jarak dan waktu tempuh yang lebih singkat sekitar 15 menit. Hanya saja anda hanya diberi waktu 1 jam saja berada di Pulau Panjang. Bila ingin lebih lama menikmati keindahan Pulau Panjang anda dapat menyewa perahu nelayan. Rata-rata biaya sewa yang dikenakan ke pengunjung sebesar 100 atau 200 ribu tergantung kesepakatan.

Tiket Masuk

Tarif masuk ke Pulau Panjang hanya sebesar Rp. 5.000/orang.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai :