Pantai Raja Ampat, Papua Barat

Pantai Raja Ampat, Papua Barat

Pantai Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Wisata Raja Ampat memang boleh dibilang sangatlah unik, karena memiliki nilai sejarah atau legenda tersendiri. Legenda dari Raja Ampat sediri muncul dari masyarakat sekitar dan memiliki beberapa versi cerita yang diwariskan dari generasi ke generasi ( turun – temurun ) mengenai cerita legenda asal – usul nama Raja Ampat sendiri. Menurut Mitos masyarakat setempat, nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur, empat diantaranya menetas menjadi empat pangeran yang kemudian masing masing menjadi raja di Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Sedangkan 3 butir telur lainnya menjadi hantu, wanita dan batu.

Tempat ini memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan menjadi destinasi terbaik di Indonesia sehingga Kepulauan Raja Ampat selalu dikunjungi oleh para penyelam kelas dunia. Para wisatawan yang berasal dari penjuru dunia sengaja datang ke objek wisata di Papua ini untuk menikmati keindahan dan keunikan wisata bawah lautnya serta mejelajaki dinding-dinding bawah laut dengan cara menyelam ke dalam bawah laut di Raja Ampat ini. Disini wisatawan juga bisa mengarungi gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih serta keaneka ragaman kehidupan satwa yang ada di kawasan wisata Raja Ampat.

Dikepulauan ini juga menyimpan mutiara berharga yang sangat langka keberadaanya yaitu spesies ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda lautm penyu, ikan duyung, ikan barakuda,ikan tuna dan lain-lainnya. Dan menjadi salah satu keistimewaan Pantai Raja Ampat selain keindahan bawah laut dari Pantai Raja Ampat ini sendiri. Pengunjung yang kebetulan pecinta sejarah, bisa pula melihat sisa-sisa barang peninggalan Perang Dunia II. Seperti bangkai pesawat perang yang teronggok kaku di sekitar Pulau Wai.

Salah satu tradisi yang sangat terkenal di kepulauan Raja Ampat yaitu tradisi “para-para pinang” yaitu mengobrol sambil menikmati makan pinang, yang secara umum mayoritas masyarakat Kepulauan Raja Ampat berprofesi sebagai nelayan. Mereka terkenal sangat ramah tehadap tamu, apalagi bila kita membawa oleh-oleh kesukaan mereka berupa pinang.

Menurut berbagai sumber, perairan di kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik didunia bagi para penyelam yang melakukan diving sive, bahkan kelengkapan flora dan fauna bawah lautnya diakui sebagai nomor satu di dunia.

Kunjungi juga tempat Wisata Pantai lainnya yang banyak terdapat di Indonesia, sebagai tujuan wisata anda :