Pantai Sanggar – Tulungagung

Pantai Sanggar – Bila anda mencari pantai yang masih sepi, bersih, asri, jauh dari bising dan dengan panorama yang indah, anda dapat bersantai di Pantai Sanggar yang ada di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung.

Lokasi:
Desa Jelungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Rute dan Akses:
Akses menuju Pantai sanggar ini cukup mudah. Jalan yang dilewati sudah beraspal. Hanya saja jalan yang dilalui berkelok-kelok dan naik turun. Namun pemandangan selama diperjalanan sangat asri karena melewati bukit-bukit dengan banyak pohon. Ketika hendak memasuki wilayah pantai jalan yang dileawti berubah agak sedikit rusak dan berlubang.

Untuk dapat memasuki kawasan pantai dari gerbang, tidak bisa menggunakan mobil harus menggunakan motor. Jika anda memutuskan untuk ke pantai ini gunakanlah motor, karena bisa mencapai tepi pantai, bila menggunakan mobil anda harus berjalan kaki agak jauh. Perjalanan dari gerbang menuju ke bibir pantai bisa menghabiskan waktu kira-kira 1 jam lebih. Namun pengorbanan anda tidak akan sia-sia jika telah sampai di pantai Sanggar ini.

Daya Tarik:
Pantai Sanggar memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas. Dengan pasir putih ciri khas pantai-pantai dipesesir Selatan Jawa Timur, ombak besar samudera Hindia, dan karang-karang atau batu-batu besar.

Pantai Sanggar dikelilingi bukit-bukit dan pepohonan. Sangat hijau dan sejuk sekali. Di tengah pantai terdapat karang atau batu besar yang biasanya dijadikan spot photo bagi para pengunjung. Berdiri di batu karang dan melihat hamparan pasir dan birunya laut, serta ombak yang menghantam tepi atau karang sungguh pemandangan yang luar biasa.

Terdapat tanah kosong yang ditumbuhi semak-semak/tumbuhan rambat. Pengunjung yang ingin bermalam disini biasanya menggunakan tempat ini untuk mendirikan tenda, aman dari hantaman ombak.

Pemandangan pantai Sanggar ini sungguh benar-benar mempesona, dengan hamparan pasir yang bersih tidak ada sampah, air laut yang biru, tampak juga tebing-tebing yang dihantam ombak di sisi kanan dan kiri pantai.

Fasilitas:
Pantai ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Jalan kasesnya pun masih susah untuk dilalui apalagi untuk mobil belum bisa dilewati. Di gerbang loket pun belum tentu ada yang berjaga karena memang belum ada pengelola di pantai ini. Hanya tersedia area parkir dan sebuah warung dipantai ini.

 

Harga Tiket Masuk (HTM):

Terdapat gerbang masuk di pantai ini, bila ada yang berjaga maka anda akan diminta bayar seikhlasnya, bila tidak ada yang berjaga maka anda bisa masuk secara gratis.

Tips:

  • Jagalah kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Bawalah makanan dan minuman dari rumah atau belilah diperjalanan karena di pantai ini sulit untuk menemukan penjual makanan.
  • Awasi anak-anak anda atau saudara atau teman anda ketika bermain air karena ombak di pantai ini lumayan besar.
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer.
  • Gunakan sunblock, payung, topi agar tidak terbakar matahari.
  • Usahakan anda ke pantai ini bukan di musim penghujan, karena jalan akses akan susah dilalui.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :