Pantai Sayang Heulang-Garut

Pantai Sayang Heulang-Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu pantai yang ada di wilayah Garut. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Santolo. Objek Wisata Pantai Sayang Heulang memiliki udara yang sejuk , pepohonan yang rindang di tepi pantai, hamparan pasir dan deburan ombak serta karang-karang yang menjorok ke laut menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan, ketika surut tiba para wisatawan dapat bermain-main di atas katang tersebut sembari mencari ikan-ikan kecil atau biota laut lainnya. Karena bersebelahan dengan Pantai Santolo, terdapat dermaga untuk nelayan. Kita dapat membeli ikan segar secara langsung kepada nelayan yang selesai berlabuh. Atau bila anda hobi memancing banyak spot bagus untuk memancing.

Lokasi :
Kawasan wisata ini terletak didaerah Desa Mancagahar tepatnya di kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Sekitar 90 km dari pusat kota garut dan memakan waktu 3,5 jam.

Rute dan Akses :
Rute yang di lewati sama seperti menuju Pantai Santolo.
Untuk bisa ke lokasi Pantai Sayang Heulang ini bisa melalui beberapa rute. Rute yang umum dan biasa dilewati transportasi umum yaitu melalui Rute Garut – Cikajang – Cikelet – Pameungpeuk. Bagi anda yang melewati rute ini untuk berhati-hati karena jalan yang berkelok-kelok tajam. Selain itu rute ini banyak ditempuh oleh wisatawan dari Kabupaten Tasik, Bandung, Jakarta dan kota lainnya.
Rute selanjutnya Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk. Jalur ini lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum. Tetapi sebagai gantinya kita disuguhi pemandangan yang sangat bagus.
Rute berikut bila anda berasal dari daerah bandung dan sekitarnya yitu melalui Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Atau dengan jalur alternatif yaitu melewati Pangalengan. Untuk pengunjung dari Pangandaran dan Tasik bisa menggunakan jalur lintas selatan Cipatujah. Saat ini kondisi jalan lintas selatan sangat baik.

Daya Tarik :
Pantai Sayang Heulang memiliki pasir putih kecoklatan. Garis pantainya yang panjangnya 2 km dan lebar 50 m sangat cocok sebagai tempat untuk bermain pasir dan air. Di Pantai Sayang Heulang terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pantai Sayang Heulang dengan Pantai Santolo. Pemisah antara Pantai Sayang Heulang dengan Pantai Santolo adalah sebuah Sungai Cilauteureun. Di pantai ini kita juga bisa ke Pulau Santolo dengan biaya yang sama ketika kita di Pantai Santolo.

Fasilitas :
– Area Parkir
– Musholla
– Toilet
– Warung Makan/Restoran
– Camping Area
– Penginapan/Hotel

Tips :

  • Jagalah kebersihan dengan membuang sammpah pada tempatnya
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tercecer
  • Awasi anak, saudara, teman anda bila berenang
  • Gunakan sunblock agar kulit tidak mudah terbakar
  • Bawalah uang yang cukup, dikarenakan lokasi ATM jauh.
  • Bawalah bekal sendiri, tentunya ini akan menghemat biaya anda.
  • Tanyalah harga sebelum memesan makanan, dikarenakan harga makanan lumayan mahal.
  • Bila mnginap, cobala Sayangheulang Beach and Resto (100-200 ribu/malam)

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Harga tiket untuk memasuki wilayah ini adalah sebesar Rp. 10.000, untuk naik kapal Rp. 4.000/pp

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :