Pantai Serang Kabupaten Blitar

Pantai Serang – Salah satu destinasi atau tujuan wisata di Kota Blitar adalah Pantai Serang yang terletak dipesisir selatan Pulau Jawa.

Pantai Serang seperti kebanyakan pantai yang ada di Kabupaten Blitar tidak hanya dijadikan tujuan wisata tetapi banyak aktifitas yang dilakukan disana, seperti upacara/prosesi larung saji dan upacara kegamaan lainnya.

Lokasi
Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

Rute dan Akses
Pantai ini berjarak sekitar 45 km dari Kota Blitar untuk menuju kesana dibutuhkan waktu kurang lebih 75 menit jika kondisi jalan tidak macet.

Jalanan yang dilalui tidaklah begitu sulit namun agak berliku dan menyempit ketika akan memasuki wilayah Pantai Serang.

Selama perjalanan kita akan menikmati pemandangan yang sangat asri. Sepanjang jalan dikiri kanan ditumbuhi pepohonan dan perkebunan warga.

Bahkan kita bisa melihat beberapa tambak udang yang dikelola secara profesional, ada sekitar 40 tambak udang yang ada di kawasan tersebut.
Rute yang dapat ditempuh dari Kota Blitar adalah Blitar – Lodoyo – Panggungrejo – Pantai Serang

Daya Tarik
Pantai Serang ini berada disebuah cekungan atau teluk yang dibatasi oleh bukit karang yang ditumbuhi pepohonan.

Pantai Serang Blitar ini memiliki hamparan pasir yang luas dan memiliki karakter pasir berwarna putih dan hitam yang bercampur. Pasir hitam ini adalah bijih besi, hampir semua pantai di Blitar pasirnya bercampur dengan bijih besi sehingga lembut ketika diinjak.

Sepanjang tepi pantai ditanamani pohon-pohon cemara, sehingga kita bisa berteduh atau beristirahat dibawahnya dengan membuka tikar atau alas duduk sambil memakan bekal dan minum yang dibawa atau membeli makanan dan minuman diwarung disepanjang pinggir pantai.

Kita tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir, karena disediakan tempat parkir di tepi pantai baik untuk mobil ataupun motor.

Terdapat sebuah konservasi penyu bagi anda yang ingin mengetahui tentang penyu. Konservasi ini bertujuan untuk menjaga populasi penyu yang semakin berkurang. Agar ketika penyu bertelur kemungkinan telur menatas menjadi tukik dan menuju laut semakin besar dan kemudian jumlah penyu yang kembali ke Pantai Serang untuk bertelur semakin bertambah dan daya tarik Pantai Serang juga ikut naik.

Kegiatan yang lain di pantai ini adalah mengendarai ATV, bermain pasir atau berenang, berphoto-photo, dan memancing. Pada hari Suro biasanya di pantai ini diadakan acara larung saji sama seperti pantai yang lain yang ada di Blitar

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Gazebo
  • Warung/Kios
  • Konservasi Penyu
  • Penginapan

Harga tiket Masuk (HTM)
Untuk dapat masuk ke Pantai Serang anda harus membayar tiket sebesar Rp. 3.000/org

Tips

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Gunakan sunblock, sayung, topi dan kaca mata untuk melindungi anda dari sengatan sinar matahari.
  • Awasi anak, saudara atau teman anda bila bermain air/berenang.
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :

Mungkin Anda Menyukai