Pantai Srau – Pacitan

Pantai Srau – Kabupaten Pacitan memiliki potensi keindahan pantai yang luar biasa. Pantai di Pacitan masih banyak yang belum dikembangkan oleh Dinas Pariwisata sehingga masih banyak pantai-pantai secara sarana dan prasarananya belum lengkap, sehingga medan untuk ke sana terasa berat. Keindahan pantai yang ada di pacitan tidak kalah dengan pantai-pantai yang sudah terkenal lainnya seperti pantai di pulau Bali dan Lombok. Salah satu contohnya adalah Pantai Klayar, pantai ini sekarang menjadi destinasi para peselancar dunia karena ombaknya yang tinggi dan gelombang ombaknya yang panjang.

Salah satu potensi wisata pantai yang ada di Kabupaten Pacitan adalah Pantai Srau. Pantai ini masih alami dan bersih. Pantai ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri dibandingkan pantai-pantai yang lain yang ada di Kabupaten Pacitan. Walaupun secara karakteristik pantai Srau ini memiliki kesamaan. Hampir disemua pantai di Pacitan memiliki pasir putih, ombak yang besar dan batu besar atau karang-karang.

Lokasi :
Pantai Srau terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

Rute dan Akses :
Akses jalan menuju Pantai Srau Pacitan dalam kondisi baik, dari Pacitan sendiri jaraknya sekitar 30 km. Ada beberapa rute untuk sampai ke lokasi, Anda bisa dari Pacitan, Solo maupun Jogjakarta. Jika kita berada di alun-alun Pacitan bisa menuju arah barat dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi langsung ke lokasi karena banyak petunjuk arah yang telah disediakan.

Daya Pikat :
Pantai Srau adalah pantai yang masih alami. Jadi jangan heran dengan kebersihan dan kealamian pantai ini. Pantai ini masih sepi pengunjung, anda akan merasa berada di “Private Beach”. Kadang-kadang kita bisa menemui pelancong dari luar negeri yang berselancar di pantai ini.

Pantai ini terdapat tebing karang yang bisa kita tuju, berada diatasnya dan memandangi keindahan pantai dari atas tebing sungguh nikmat dan menenangkan hati. Dengan pohon-pohon disekitar pantai karang-karang besar di pantai dan bukit-bukit-bukit yang mengelilinginya, sungguh pesona yang jarang kita lihat di kota.

Ataupun anda bisa menikmati pemandangan pantai diwarung warga sambil beristirahat, menikmati secangkir kopi atau air kelapa muda.

Fasilitas
Pantai ini belum memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang ada adalah milik warga.
Area Parkir
Mushola
Toilet/Kamar Mandi/MCK
Camp Area/Home Stay

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Anda cukup membayar Rp. 5.000/org untuk dapat masuk ke pantai Srau ini.

Tips :

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Jagalah Barang bawaan anda jangan sampai tertinggal atau tercecer
  • Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :