Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban merupakan salah satu wana wisata yang berada di pesisir selatan Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang yang letaknya dekat dengan objek wisata pantai Sendang Biru.

Mitos
Nama Tamban memiliki nilai sejarah yang cukup kuat. Tamban dalam bahasa Jawa artinya obat (tombo). Karena air di pantai ini dahulu pernah menjadi obat bagi tiga kiai yang mengawali tinggal di hutan dekat pantai ini pada tahun 1880-an. Tiga kiai itu adalah Kiai Ngastowo, Kiai Mangun, dan Kiai Yaser. Sebelum mereka membabat hutan (babat alas), ketiganya minta izin dahulu kepada Kiai Truono Sumitro, salah satu sesepuh yang tinggal di Desa Suwaru, Kecamatan Gondanglegi (kini sudah termasuk wilayah Kecamatan Pagelaran). Setelah mendapat restu, ketiganya memulai membabat hutan. Di tengah proses membuka hutan itu mereka kehausan sampai sakit. Sulit mencari air tawar saat itu. Satu-satunya hanya air yang berada di sungai yang kotor, mereka pun terpaksa meminumnya. Bukannya rasa haus dan sakit hilang, mulut mereka justru terasa pahit sekali. Akhirnya mereka mencoba untuk meminum air laut di pantai. Anehnya, air laut berasa seperti air tawar dan sakitnya juga sembuh. Dari situlah mereka menjuluki air di pantai itu dengan air tamban atau air untuk obat.

Lokasi
Dusun Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Rute dan Akses
Pantai ini berjarak sekitar 70 km dari Kota Malang dan menempuh waktu sekitar 2 jam lebih untuk sampai di pantai yang memiliki ombak tenang ini.

Rute yang dapat anda lewati bila anda dari Kota Malang adalah melalui Pakishaji – Kepanjen – Gondang – Legi – Turen – Sumbermanjing Wetan – Tambakrejo – Pantai Tamban.

Daya Tarik
Pasir Pantai Tamban memiliki karakteristik pasir berwarna putih bersih dengan panjang hamparan pasir 1.500 meter dan disertai batu-batu karang yang bertebaran di sepanjang tepi pantai. Pemandangan pantai tersebut memanjakan pengunjung yang menyukai keindahan pantai dan pesisir. Dari pantai ini, Anda dapat menyaksikan panorama laut lepas yang terletak di balik Pulau Sempu dan berhadapan dengan pantai ini. Selain itu, para nelayan siap mengantar pengunjung untuk memancing, diving, snorkeling.

Fasilitas
Karena pantai ini sebenarnya berada di dekat perkampungan Nelayan sehingga banyak fasilitas yang menyediakan adalah warga pantai Tamban.

Fasilitas yang terdapat dipantai ini antara lain:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Warung Makan/Kios
  • Penginapan/Guest House
  • Menara Pengawas

Harga Tiket Masuk (HTM)
Untuk dapat masuk kedalam kawasan ini setiap orangnya dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000 belum termasuk ongkos parkir.

Tips.

  • Jagalah kebersihan
  • Patuhilah aturan dan larangan yang berlaku
  • Bawalah bekal karena akan meringankan biaya anda berwisata
  • Gunakan sunblock, topi agar kulit tidak mudah terbakar sinar matahari
  • Hati-hati bila berenang bila ombak dipantai cukup besar
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak hilang atau tercecer

Mungkin Anda Menyukai