Pantai Tapak Paderi-Bengkulu

Pantai Tapak Paderi-Bengkulu

Pantai Tapak Paderi-Bengkulu. Salah satu andalan wisata di kota Bengkulu adalah Wisata Pantai Tapak Paderi. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, dapat ditempuh hanya dalam waktu 10 menit saja, membuat lokasi wisata ini sering dikunjungi masyarakat sekitar dan luar daerah.

Lokasi

Diapit dua pantai yang ada dibengkulu, yaitu pantai Panjang dan Pantai Jakat, dekat pusat kota, dan juga dekat dengan bangunan bersejarah (Benteng Malborough), membuat pantai ini gampang dijelajahi. Sejak jaman pendudukan Inggris di nusantara, daerah di sekitar pantai Tapak Paderi dijadikan daerah pusat kota pada jaman kolonial.
Pemerintah Inggris membangun sebuah benteng pertahanan dan juga pusat pemerintahan yang dinamakan Benteng Malborough atas perintah Gubernur Jeneral Thomas Stamford Raffless. Disekitar pantai ini juga terdapat Kampung China (China Town).

Pesona dan Daya Tarik

Pantai Tapak Paderi memiliki pesona alam yang luar biasa, apalagi bila dikunjungi saat matahari tenggelam. Suasana romantis dapat anda nikmati bersama pasangan anda sambil menikmati jagung bakar. Ada hal yang menarik bila anda berkunjung di pantai Tapak Paderi ini. Di luar negeri, ada spot foto dengan background gembok cinta yang jumlahnya ribuan dan selalu jadi jujugan turis dari seluruh dunia. Di Indonesia, ada juga spot foto serupa yang hits baru-baru ini. Di sebuah pantai di kota Bengkulu tepatnya. Menariknya, yang digantung di sini bukanlah gembok cinta, tapi sandal bekas yang sudah kusam dan malah disebut sandal jodoh.

Sandal Jodoh-lah yang jadi penyebab, kenapa Pantai Tapak Paderi sekarang makin menarik perhatian wisatawan. Yaa, hampir mirip dengan gembok cinta yang ada di Perancis dan Korealah fenomenanya. Sandal Jodoh ini persis ada di bibir pantai. Wisatawan bisa menuliskan namanya dengan pasangan pada sandal, untuk kemudian menggantungnya di Pondok Sandal Jodoh. Mereka yang melakukan ‘ritual’ ini pun lantas berharap kisah cintanya tetap abadi.

Jadi, singkat cerita, semua ini merupakan hasil kreativitas para nelayan setempat yang merasa prihatin dengan banyaknya sampah botol dan sandal yang hanyut di pantai ini. Akhirnya, mereka pun mengumpulkan sandal-sandal bekas dan mengkreasikannya dengan menyusun berjejer pada dinding yang terbuat dari bambu hingga menjadikannya serupa bentuk kupu-kupu atau juga bertuliskan I Love You. Siapa sangka, ternyata kreasi ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang sekadar berselfie ria atau turut menuliskan namanya dan pasangan pada sandal, untuk kemudian menggantungkannya di Pondok Sandal Jodoh.

Tiket Masuk :
Tiket masuk kelokasi wisata Pantai Tapak Paderi ini sangat murah.
Anda hanya dikenakan biaya Rp. 2.000/org untuk dewasa dan Rp. 1.000/org untuk anak-anak. Untuk biaya parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 4.000 untuk bus dikenakan biaya Rp. 10.000.

 

Kunjungi Artikel Tentang Pantai Yang Lain :