Pantai Tawang – Pacitan

Pantai tawang – Kabupaten Pacitan adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keindahan pantai yang dapat disejajarkan dengan pantai-pantai terkenal di dunia.

Lokasi, Rute dan Akses :
Ada dua pantai dengan nama “Tawang” di Pacitan. Pantai Tawang yang populer di kalangan masyarakat adalah Pantai Tawang di Teluk Segoro Anakan Ngadirojo yang juga difungsikan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Namun Tawang yang satu ini adalah pantai yang masih tersembunyi di balik asrinya alam Desa Katipugal.

Pantai Tawang adalah sebuah pantai berpasir hitam kecil yang berada di Desa Katipugal, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Dengan jarak tempuh sekitar 20 km dari Pusat Kota Pacitan ke arah timur. Rutenya adalah ke arah timur Pacitan, lewat Sirnoboyo, hingga Jalur Lintas Selatan.

Daya Tarik :
Pantai di Kawasan Pacitan ini rata-rata berombak besar dan terdapat batu-batu karang disekitarnya. Karakter pasirnya biasanya putih namun di Pantai Tawang ini berpasir abu-abu kehitaman karena terdapat pasir besi.

Di sisi kiri pantai terdapat sebuah sungai yang cukup lebar, dengan dasar sungainya berupa bebatuan. Muara sungai itu menyempit dan agak turun di dekat bertemunya dengan air laut, sehingga arus airnya menjadi cukup deras dan uniknya lagi aliran airnya naik-turun bergelombang dengan urutan yang rapi.

Tak hanya itu batu di sisi kiri pantai ini bentuknya sangat bagus saat di lihat dari kejauhan, hasil pahatan alam abrasi air laut membentuk garis-garis melintang dan terlihat berlapis-lapis, yang membuat mata terpukau saat melihatnya.

Terdapat sebuah mercusuar di dekat pantai. Kita dapat menikmati pemandangan pantai dan laut dari atas menara. Menikmati keasrian dan kealamian yang jarang kita lihat ketika kita di kota. Disisi lain terdapat tebing-tebing yang berjejer menjadi penangkal ombak alami, sekaligus menjadi spot memancing yang seru buat anda yang hoby rockfishing. Perpaduan bebatuan karang, ombak besar menghantam, hijaunya bukit di atas menjadi panorama yang luar biasa.

Tak hanya itu di atas bukit itu juga hidup ratusan satwa liar (diantaranya monyet). Monyet disini bergerombol berayun-ayun di pohon dalam jumlah besar, namun belum jinak selalu menghindar tiap ada orang yang lewat maka monyet bersembunyi di semak-semak. Namun saat orang-orang di situ menjauh, maka monyet-monyet itu akan turun dan bermain-main sambil bersuara gaduh. Beberapa burung juga banyak berkicauan disini.

Fasilitas :
Pantai ini belum dikelola sebagai Objek Wisata oleh Pemda/Dinas Pariwisata. Sehingga belum ada fasilitas yang memadai.

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Untuk memasuki kawasan ini pengunjung tidak ditarik biaya alias gratis.

Tips :
Jagalah kebersihan
Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup

 

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :