Pantai Umbul Waru – Blitar

Pantai Umbul Waru – Blitar

Pantai Umbul Waru – Salah satu pantai yang sangat eksotis di kabupaten Blitar adalah Pantai Umbul Waru. Pantai ini memberikan atau menyajikan pemandangan yang jarang terdapat di pantai.

Lokasi:
Pantai Umbul Waru terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Provinsi Jawa timur

Rute dan Akses:
Pantai ini berjarak 40 km dari Alun-alun kota Blitar, atau menempuh waktu 90 meit. namun akses jalan ketika hendak sampai sangat ekstrem. Disarankan menggunakan kendaraan roda 2 saja, dan jangan menggunakan motor matic karena melalui jalanan setapak dan penuh dengan tanjakan.

Dari arah Kota Blitar menuju selatan ke arah Desa Sidomulyo melewati Jalan Trisula terus keselatan dari kelurahan sidomulyo. Perjalanan anda akan semakin sulit ketik akan mencapai lokasi karena bebrbatu-batu dan penuh dengan tanjakan.

Daya Tarik:

Pantai ini dikelilingi oleh karang/bukit sehingga kita perlu menuruni karang untuk menuju pantai Umbul Waru. Pantai Umbul Waru sangatlah asri karena ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan semak. Pantai Umbul Waru termasuk pantai yang tersembunyi, karena memang akses menuju pantai ini sangatlah sulit. Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah dalam mempersiapkan sarana dan prasarana membuat pantai ini sepi dari pengunjung. Jalan akses yang belum ada merupakan salah satu penyebabnya.

Tapi dibalik kesukaran dalam menuju pantai ini, akan terbalas dengan keindahannya. Dipantai ini terdapat sebuah air terjun yang airnya langsung menuju pantai/samudera. Banyak orang yang berusaha menuju kesini namun juga banyak orang yang kemudian mengundurkan niatnya karena sulitnya jalan akses.

Bila air laut sedang tidak tinggi kita bisa bermain-main di pantai dan dibawah air terjun. Beberapa pengunjung langsung menuju ke atas air terjun karena diatas air terjun tersebut terdapat cekungan yang digunakan untuk berendam sambil memandangi laut dari atas.

Namun bila air laut sedang tinggi maka kita tidak bisa ke bawah/ kepantai karena ombaknya menutupi pantai.

Fasilitas:
Pantai ini belum dikelola secara resmi, sehingga bila anda mengunjungi pantai ini anda tidak perlu membayar tiket masuk, namun diharapkan anda membayar biaya parkir seikhlasnya.

Tips

  • Jagalah Kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Gunakan sunblock, sayung, topi dan kaca mata untuk melindungi anda dari sengatan sinar matahari.
  • Awasi anak, saudara atau teman anda bila bermain air/berenang.
  • Jagalah barang bawaan anda agar tidak tertinggal atau tercecer.
  • Bawalah bekal karena sulit menemukan warung yang berjualan dipantai ini.

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :