Pantai Wawaran – Pacitan

Pantai Wawaran adalah salah satu pantai yang terletak di Timur Kota Pacitan

Lokasi :
Dusun Wawaran, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan Jawa timur

Rute dan Akses :
Akses ke Pantai Wawaran sudah bagus karena terletak di dekat JLS (Jalur Lingkar Selatan). Jalanannya menuju kesana agak berkelok-kelok, walupun berkelok-kelok namun kita memperoleh pemandangan yang sangat sari dan alami. Pegunungan/bukit yang ditumbuhi pepohonan yang rindang, adakalanya kita melihat hewan-hewan/fauna di sana.

Pantai Wawaran ini dapat kita tempuh dalam waktu 30 menit dari alun-alun Kota pacitan berjarak kurang dari 20 km.

Perjalanan ke pantai ini, dari Kecamatan Pacitan ke arah Kecamatan Kebonagung, ke arah timur, setelah jembatan kanan jalan yang ada tulisan Pantai Wawaran pada poster, terus mengikuti arah alur jalan tersebut, hingga sampai ke Pantai Wawaran yang letaknya di dusun Wawaran desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung.

Daya tarik :
Pantai ini belum begitu terkenal seperti pantai-pantai lain yang sudah terkenal di Kabupaten Pacitan. Namun mempunyai keindahan sebagai tempat wisata yang tidak kalah dengan pantai lainnya, terdapat pasir putih, hamparan hutan bakau yang nyiur di sisi pantainya dan mempunyai ciri khas batuan yang begitu indah untuk di pandang sangat cocok buat destinasi liburan akhir pekan. Pada saat air surut juga mempunyai keunikan lainnya yaitu terdapat ikan hias, kepiting, dan lainnya di sela-sela bebatuan karang yang dibawa ombak ke sisi pantainya bagian selatan, seperti aquarium besar karena terdapat banyak faunanya yang ada di sela bebatuan tersebut yang memiliki cukup air laut.

Pantai Wawaran ini merupakan sentra pengembangan penangkapan ikan laut yang telah mendapatkan penghargaan Presiden. Di bawah Koperasi Mina Upadi, usaha perikanan laut berkembang pesat dan mulai menerapkan modernisasi nelayan, seperti pemanfaatan GPS. Selain itu, Pantai yang memiliki ciri khas banyak bebatuan disana ini adalah sentra nelayan yang memenangkan Optimalisasi Penangkapan Ikan (Optikapi) Tingkat Nasional Tahun 2005.

Fasilitas :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet/MCK
  • Warung/Kios

Harga Tiket Masuk (HTM) :
Untuk masuk ke kawasan ini anda tidak dipungut biaya tiket, cukup membayar biaya parkir saja.

Tips :

  • Jagalah kebersihan
  • Patuhilah peraturan dan larangan yang berlaku
  • Belilah ikan segar di TPI/Nelayan anda akan mendapat harga murah

Baca Juga Artikel Tentang Pantai Yang Lain :